Jumat, 02 November 2012 | By: Zahra Abdullah

cerpen komedi-romantis/cendol i'm in love


Cendol, i’m in love
A story by anna berkarya
            “Eheeem, kuat banget tuh mata dari tadi nggak berkedip. Hahaha.” Canda Risma, sahabatku.
            “Apaan sih lo Ris, ganggu aja. Lagian gue gak mau melewatkan sedetikpun gerakan dribble Rio.” Kataku.
            “Dasar, lagian sia-sia aja deh, dia gak bakal tau kok kalo lo dari tadi mupeng banget ngliatin dia. Secara dia kan gak bakal nglirik ke warung cendol.” Sahut Risma.
            Risma bener, Rio gak mungkin ngliat gue. Gue hanya segelintir dari bejibunnya fans fanatik dia. Dia tipikal cowok keren yang selalu nongkrong di tempat-tempt gaul dan mewah. Enggak kayak gue yang saban hari nongkrong di warung cendol Bang Mamat. Tapi justru dari sinilah gue bisa dengan lelusa memperhatikan Rio yang sedang latihan basket. Karna letaknya tepat di sebelah lapangan basket kampus gue. Ups, kalian pasti bingung kan siapa sih Rio? kenapa gue jadi ngomongin dia terus? Tapi, dia bukan tokoh utama kok, karna tokoh utamanya ya gue sendiri, hihihi.
            Nama gue Pradyta Aluvia Putri, gue mahasiswa psikologi di salah satu Universitas Swasta di Jakarta. Gue semester 3, dan yang dari tadi gue omongin itu Rio Anggara Yudha. Cowok paling top di kampus. Dia seangkatan gue, cuman beda kelas aja sih, dia Kapten Tim Basket. Udah dari dulu gue demen banget sama cowok satu ini. Dan yah, gue cuman bisa menghayal suatu saat Rio bakal tau keberadaan gue.
****
“Bang, cendolnya satu.” Teriakku pada si tukang cendol.
“oke non, tunggu aja situ.” Kata Bang Mamat.
            Sambil menyeruput cendol yang sudah tersaji, mata gue mulai liar mencari sosok pangeran dalam impian gue. Yah, siapa lagi kalo bukan Rio. Tapi sepertinya hari ini dia absen deh, karna gue gak liat batang idungnya yang mancung. Hemmh, mungkin belum jodoh. Eh tunggu, kok gue kayak pernah liat ni cowok yah? Tapi tampilannya aneh banget. Jaket item tebel, pake kacamata item lagi, ni orang bukan mavia yang lagi nguntit gue kan?
“Mas, kok kayak pernah lihat ya?” kata gue cablak yang gak bisa nahan penasaran.
            Saat dia mulai melepas kacamatanya dengan gerakan slow motion, gue mulai tegang. Mulut gue ternganga, mata gue melotot, air liur gue menetes (yang terakhir terlalu hiperbolis, hihi).
“RIO!!” teriak gue kenceeeng banget. Sampai Bang Mamat menumpahkan gelas cendol saking kagetnya.
  “Sssttttt!!! Ngomongnya bisa pelan gak si loe.” Bisik Rio pelan sambil membungkam mulut gue.
            Kalian tau gimana hati gue saat ini? Berdebar? Pasti! Seneng banget? Pasti! Pengen teriak? Banget! Pengen lari-lari sambil pake bikini? Gak segitunya kali! Oke back to reality, sumpah gue seneng banget! BANGET!
“Tumben banget loe disini?” tanya gue berusaha tetep cool.
“Sebenernya simpel, gue suka cendol. Tapi temen-temen gue enggak. Dan gue gak mau gara-gara loe, semua jadi kacau.” Kata Rio.
“Emang segitu susahnya ya nyari temen? Temen-temen loe itu bukan temen, mereka cuman kelompok anak-anak borju yang gak tau apa artinya temen sebenarnya.” Kata gue.
“Dan gue butuh mereka. Kita satu tim. Dan gue gak mau permainan kita kacau. Lagian yang terpenting itu kekompakan.” Jawab Rio.
“Loe salah, yang terpenting itu saling memahami. Kalian kompak dalam satu tim, tapi enggak buat satu hati, satu persahabatan. Itu yang paling penting menurut gue.” Lanjut gue.
“Loe Dyta kan? Boleh gue minta nomer hp loe?” kata Rio.
            Tuhan, makasih banget. Mulai saat itu, gue jadi makin akrab sama Rio. kita sering smsan, BBMan, twitteran, dan makin banyak lainnya. Tapi, yang gue saat ini masih ragu adalah ketulusan Rio. Gue gak tau kenapa dia deketin gue. Dia juga gak pernah ngajak gue saat dia sama temen-temennya. Dan, dia juga pura-pura gak lihat gue saat dia lagi latihan basket sama temennya. Padahal gue duduk di barisan paling depan dan panggil-panggil namanya. Tapi gue gak pernah mikir panjang, yang penting, gue deket sama Rio, dan dia tau keberadaan gue.
Gue jadi sering ketemu Rio di warung cendol Bang Mamat. Tanpa sengaja sih. Kita emang gak pernah janjian sebelumnya. Apa mungkin emang jodoh? Hemm, kayaknya gue terlalu berharap deh. Yang jelas kita jadi semakin asyik ngobrol bareng. Dia orangnya cool, gak banyak bicara. Tapi dia perhatian, buktinya dia mau kok dengerin curhatan gue. Gue nyaman banget deket dia. Dan sepertinya dia juga mulai nyaman dengan gue.
****
 Dyta, hr ini loe bs g temennin gue jalan?
Gue tunggu di taman kota.
See u.
            Oh My Goodness, serius nih si Rio ngajakin gue jalan? Ups, ralat nge-date? Oke don’t panic! Sumpah seriusan, ini bener-bener sms dari Rio kan? Tunggu, gue cek dulu nomernya, siapa tau gue salah. Tapi ini beneran nomor Rio, di cek seribu kalipun. Oke langkah pertama pilih baju. Aduh baju gue mana? Kenapa lemari pakaian gue berubah jadi baju-baju loak? Oh no, gue belum beli pakaian baru. Baju gue kenapa begini-begini amat yah? Gue beranikan masuk kamar kakak perempuan gue, semoga ada baju bagus. Yes, ketemu. Dress dengan warna pink soft, dengan motif simpel dan terlihat girly. Gak cuman pinjem baju (tanpa sepengetahuan kak Sonya, soalnya dia lagi malam mingguan sama cowoknya) gue juga pake make-up nya. Dan olala, coba liat di cermin. Asli, gue bener-bener beda. Dengan penuh percaya diri dan hati berbunga-bunga gue berjalan ke taman kota.
            Disana, Rio sudah menunggu gue dengan kepulan asap rokoknya. Dia bener-bener cool banget. Dia sempat kaget lihat gue datang. Wajahnya itu loh, hello biasa aja dong ganteng kalo lihat cewek imyut kiyut kayak gue (pede gila).
“Dyta? Loe beda.” Itulah yang keluar dari mulut Rio.
“Cuman segitu doank?” tanyaku.
“Emang kurang? Ayuk masuk.” Kata Rio cuek sambil masuk ke mobilnya.
            Oke, gue agak lebay, dia ngak ternganga takjub lihat penampilan gue. Expresi dia biasa, standar. Cuman agak berkerut sedikit. Tapi tolong dong, jangan cuek gitu napa? Gue kan udah usaha.
****
Pertama, dia ngajakin nonton. Dan dia memilih film horor. Yang pasti gue bener-bener gak menikmati kencan ini. Gimana enggak? Gue parno banget lihat kuntilanak dan sebangsanya. Akhirnya Rio kasihan juga lihat gue jejeritan gak jelas dan memutuskan untuk pergi ke cafe.
Di cafe.....
“Loe mau pesen apah?” tanya Rio.
“Steak aja deh sama Lemon Tea.” Jawab gue.
“Oke, Steak 2, Lemon Tea 2.” Kata Rio pada Waitress.
“gak kretif deh nyama-nyamain menu.” Kata gue.
“Loh, emang gue kan mau pesen itu. Mungkin sehati.” Kata Rio enteng.
            Gosh, kayaknya cinta gak lagi bertepuk sebelah tangan deh. Atau cuman gue yang ke-gr-an? Entahlah yang pasti hari ini Rio beda, dia lebih banyak senyum.
“Rio, gue ke toilet dulu yah.”
...............................
“Rio, lagi ngapain loe sendirian disini?”
“Eh, Fandy, Rico. Ehm...gue.. la..lagi. em.. pengen makan..sendiri aja. Kalian berdua?” jawab Rio gagap.
“Aneh banget si loe kok jadi gagap gitu? Gue sama fandy lagi nungguin anak-anak yang lain sih. Kita lagi kumpul-kumpul bareng. Gue juga mau sms loe, eh tahunya loe udah ada disini. Kebetulan banget.” Jawab Rico.
             Uh, kayaknya gue masuk angin nih. Pake dress mini. Dari tadi kebelet mulu. Eh, siapa tuh yang lagi ngobrol sama Rio? apa dia juga ngundang temen-temennya yah? Tumben banget.
“Sory lama, tadi toiletnya ngantri. Makanannya belum dateng yah?” tanya gue.
“Loe siapa? Rio, loe nge-date sama dia?” kata cowok itu yang ternyata bernama Fandy.
“ehm.. enggak kok. Sorry, loe mungkin salah tempat? Ini meja gue.” Kata Rio ke gue.
            Degg.. sumpah kata-kata Rio keterlaluan! Dia sendiri kan yang ngajakin gue jalan? Sekarang dia malah gak nganggep gue? Rio jahat! Gue benci Rio! Gue sakit! Gue langsung lari keluar cafe, air mata gue tumpah. Gue gak bisa bayangin. Ternyata selama ini Rio cuman mainin gue. Gue lari sejauh-jauhnya. Gue gak mau lihat Rio lagi. Mata gue panas. Sampai tiba-tiba........
“Biiiimmmmmmm..Bruuuuakkkk....” sebuah mobil menabrak gue. Pandangan gue kabur. Gue ngerasain sakit luar biasa. Sampai akhirnya gue pingsan.
****
            Gue divonis lumpuh. Entahlah setan mana yang bisikin ke telinga gue. Yang jelas sekarang gue ada diatas balkon rumah sakit, lantai 5. Dia bisikin ke gue kalo hidup gue gak ada artinya lagi. Gue harus loncat. Gak akan ada lagi yang peduli sama gue. Gue gak pernah diinginkan di dunia ini. Jadi buat apa hidup? Gue majukan kursi roda gue perlahan. Lagi-lagi mata gue panas. Gue inget Rio. Cowok brengsek yang bikin gue kayak gini.
“Tuhan, kenapa hidup ini gak adil! Kata orang cinta itu indah. Tapi kenapa saat aku jatuh cinta, aku merasakan sakit yang teramat dalam. Tuhan, kau boleh ambil kakiku, tapi kenapa kau buat hatiku tercabik. Aku merasa tak berdaya menghadapinya. Ijinkan aku mengakhiri derita batin yang tak mampu ku alami ini.” Teriak gue.
Tiba-tiba dari arah belakang seseorang memelukku, sambil menangis. Gue kenal suara itu. Suara yang bikin jantung gue berdetak kencang. Iya, itu Rio. Rio yang sekarang meluk gue.
“Jangan bodoh Dyta, gue sayang sama loe. Jangan pernah berpikir buat bunuh diri. Karna gue gak akan pernah maafin diri gue sendiri kalo itu bener-bener terjadi. Maafin gue, atas semua ketololan gue selama ini. Gue bener-bener pengecut, gak pernah ngakuin kalo gue suka sama loe. Gue terlalu munafik. Maafin gue udah bikin loe sakit hati. Maafin gue udah buat loe kayak gini. Gue cinta sama loe Dyta.” Kata Rio sambil terisak.
“Udah terlambat Rio, gue lumpuh. Gue gak bisa jalan. Gue gak bisa nemenin loe kayak dulu. Gue gak berguna. Gue cuman cewek biasa. Gue gak selevel sama loe maupun temen-temen gaul loe. Gue gak akan bikin loe bahagia. Gue cuman beban buat loe. Gue cuman.....”
“Stop Dyt! Gue gak peduli! Siapapun loe, meskipun loe lumpuh, gue tetep cinta sama loe. Loe bukan beban, loe kehidupan buat gue. Tanpa loe, gue gak bisa hidup lagi.” Kata Rio sambil genggam tangan gue.
            Gue diam. Gue nangis. Gue gak tahu harus gimana. Gue benci Rio, tapi disisi lain gue bener-bener cinta sama dia. Gue takut Rio bakal ngecewain gue lagi. Gue takut suatu saat Rio bakal ninggalin gue. Disaat gue diam, tiba-tiba Rio memakaikan sebuah cincin ke jari gue.
“Loe mau nikah sama gue kan Dyta?” kata Rio.
            Air mata gue tumpah, gue peluk Rio. Gue menangis di bahunya. Gue bahagia. Terima kasih tuhan, saat aku tengah putus asa, kau berikan sebuah kebahagiaan terindah dalam hidupku. Kini aku percaya, disetiap air mata ada sejuta kebahagiaan yang akan tercipta. Aku memang tak bisa berjalan tapi Rio akan menjadi pembimbingku dalam melangkah di kehidupanku yang baru.
****
            Akhirnya gue menikah sama Rio. Ini hari bulan madu kita. Kalian tahu kami pergi kemana? Paris? No, kita bukan konglomerat yang akan menghambur-hamburkan uang buat jalan-jalan ke luar negeri. Bali? Enggak juga, udah biasa kali pada bulan madu kesana. Kalian pasti gak nyangka, kita pergi ke warung bang Mamat. Buat apa? Tentu aja buat menyantap cendol. Karna disinilah sejarah kita bertemu. Rio menggenggam tanganku erat.
“I love you.” Bisik Rio.
“Love you too.” Balasku.  
            Huh, pengen rasanya gue teriak sekenceng-kencengnya. Gue bahagia sekarang! Cendol, i’m in love with my husband!

20 komentar:

Ujung Pena mengatakan...

aku suka, follow blogku juga ya http://ujungpena-ku.blogspot.com/

anna berkarya mengatakan...

terimakasih ats partisipsinya :)

Afian Haryadi mengatakan...

Bagus mba... i like it, aku juga suka nulis komedi... mampir ke blog ku lho hehe http://catatankostkuburan.blogspot.com/

anna berkarya mengatakan...

terimakasih atas partisipasinya :)

Zizzo ParaHolic mengatakan...

waahh.. keren :)

eni sugiarti mengatakan...

bagusss :D
lucu romanitis

fla rose mengatakan...

ceritanya bagus, saya suka, bener2 tragis sampai lumpuh segala, tapi jadinya romantis >.<
btw, saya masih enggak paham nih, dimana komedinya ya, saya cuma ngerasa romance-nya aja.
saya sedang cari-cari referensi tentang komedi-romantis, tapi belum terlalu paham yang seperti apa >.<

http://flarosehuang.blogspot.com/

yeyeye429 mengatakan...

Iya, bener juga :)
mana komedinya yaa???
-_-

anna berkarya mengatakan...

makasih :)

anna berkarya mengatakan...

makasih ya :)

anna berkarya mengatakan...

hmm kurang lucu yaa? okedeh ntar aku bikin yg lbh lucu lagi :)
makasih udah mampir :D

mhd randaprayudi mengatakan...

good, sukses ya, dngan smua coret-coretan nya.....

Angger Ardiansyah mengatakan...

Endingnya keren, bikin gregetan yang baca.
cendol ya gan... Hehehe..

Naufal Raga mengatakan...

Wahhh, endingnya bikin merinding, romantisnya sih dapet kak,. Tapi maaf ya kak, unsur komedinya masih belum kliatan tuh:)
Keep writing, jgn lupa kunjungan baliknya di : Blogotakkecil.blogspot.com

Jenny Yekholya mengatakan...

Ceritanya keren .. Sukses buat author ya!! ^_^

fadlyfadly007 mengatakan...

Keren mbak.
Mampir ya di wordpress ku ;-)

Vira Ads mengatakan...

keren banget banget banget!
sesuatu yang sedih kayak pas kena lumpuh, tapi bisa dibikin ngakak.
terus berkarya ya mbak anna. hehehe

raka walkof mengatakan...

- keren cuma komedinya kurang ngigit dikit - terus berkaya - to referensi coba baca novel komedi cinta judulnya " fayra _ salam olah raga... yuuuuu"""""

Prince Fadly Winandar mengatakan...

Ceritanya bagus :D Saya izin boleh kembangin cerita ini untuk tugas kampus tidak? Dapet genre komedi ntah harus mulai darimana :(

Niki Setiawan mengatakan...

itu beneran lumpuh?

Posting Komentar